Kutipan Buku

Kisah Nabi Yunus dan Istimewanya Buah Labu

Ada banyak hikmah di balik ketetapan Allah. Tak terkecuali dari kisah Nabi Yunus ketika ditelan ikan Paus.

Di dalam buku “Kisah Nabi Yunus dan Ikan Paus — Perjalanan Dakwah Hamba Pilihan di Negeri Nainawa dan Kisah-kisah Menakjubkan saat di Perut Ikan yang diterbitkan oleh At-Tuqa, disebutkan tentang keistimewaan buah labu sekaligus hikmah Allah menganugerahkannya pada Nabi Yunus saat beliau baru saja keluar dari perut ikan paus.

Singkatnya, Nabi Yunus pergi meninggalkan kampung Nainawa. Kala itu, mereka masih enggan beriman. Di tengah perjalanan, beliaupun harus menyeberangi lautan.

Disebutkan dalam buku Kisah Nabi Yunus tersebut, saat itu kapal yang beliau naiki kelebihan muatan. Walhasil, di tengah perjalanan, kapal yang beliau tumpangi pun hampir saja karam.

Awak kapal pun bermusyawarah, mereka setuju untuk mengadakan undian.

“Perjanjiannya adalah bagi siapapun yang namanya terpilih dalam undian nanti, ia harus melompat dari kapal dan menyelam ke dalam lautan.” (Kisah Nabi Yunus dan Ikan Paus, hal 34)

Hasil undian ternyata menunjukkan nama Nabi Yunus. Hal ini berarti, beliau harus mengalah dan melompat ke lautan.

Namun, para awak kapal tidak ingin Nabi Yunus kalah dalam undian. Mereka sepakat mengulang undian.

Akhirnya, undian itu pun diulang sampai 3x, tetapi tetap saja nama Nabi Yunus yang terpilih. Allah telah berkehendak untuk memilih Nabi Yunus.

Kisah ini diceritakan dengan seru dalam buku Kisah Nabi Yunus yang diterbitkan oleh At-Tuqa. Banyak kejadian menarik ketika akhirnya beliau dimakan ikan paus. Sampai akhirnya, Allah pun menyelamatkan beliau ke daratan yang tandus.

Nah, saat itulah, Allah menganugerahkan tanaman sejenis labu untuk Nabi Yunus yang sedang lemah tak berdaya.

Lihat Juga: Kisah Nabi Yunus dan Ikan Paus

Mengutip dari buku Kisah Nabi Yunus yang diterbitkan oleh At-Tuqa, ada beberapa keistimewaan buah labu untuk Nabi Yunus saat itu. Di antaranya,

Tanaman Buah Labu Sangat Rindang

Nabi Yunus yang sedang berada di sebuah daratan tandus sangat tertolong dengan hadirnya tanaman labu yang rindang itu. Sehingga, beliapun bisa berisitirahat dengan nyaman di ranting dedaunannya dan terhindar dari terik panas matahari.

Tanaman Labu tidak disukai Lalat

Sama seperti di atas, hal ini pun dapat memberikan kenyamanan bagi Nabi Yunus yang sedang lemah dan terhindar dari gangguang serangga ini.

Buahnya memiliki gizi yang sangat baik

Buah yang keluar bisa langung dikonsumsi

Kulit dan bijinya juga dapat dimakan

Nah, itulah sekelumit kisah Nabi Yunus dan keistimewaan buah labu. Lebih lengkapnya, Sahabat Portal Buku bisa menyelam dalam buku “Kisah Nabi Yunus dan Ikan Paus — Perjalanan Dakwah Hamba Pilihan di Negeri Nainawa dan Kisah-kisah Menakjubkan saat di Perut Ikan” yang diterbitkan oleh At-Tuqa.

Keistimewaan buah labu ini juga bisa dirujuk dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir, Surat ash-Shaffat: 146.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button