Lautan Buku
Ngetren

Ini 5 Cara Mudah Agar Membaca Buku Lebih Berkualitas!

Membaca buku merupakan hobi orang-orang yang berkelas. Tumpukan-tumpukan buku yang tersusun di rak tidak mereka biarkan menjadi sarang bagi laba-laba. Namun, buku-buku itu mereka jadikan sebagai gizi dan suplemen untuk perkembangan otak sang pembaca.

Nah, acap kali kita tersibukkan oleh kegiatan premier yang memang tidak bisa dinomorduakan. Sehingga, aktifitas membaca tidak jarang malah dianaktirikan. Sedih, kan?

Oleh karena itu, Portal Buku akan berbagi 5 Cara Mudah Agar Membaca Buku Lebih Berkualitas. Hal ini akan sangat berguna agar kegiatan membaca kita lebih efektif.

Meskipun tidak bisa membaca buku setiap saat, setidaknya aktifitas yang sebentar bisa memberikan manfaat yang panjang. Selamat menyimak, Sahabat!

Pasang Target untuk Membaca Buku

Nah, mulai saat ini, Sahabat Portal Buku  bisa membuat target waktu untuk menyelesaikan sebuah buku. Misal, dalam jangka waktu satu pekan, Sahabat harus bisa membaca 70 lembar. Jadikan target ini menjadi sebuah tanggung jawab yang harus Sahabat lakukan dengan konsisten.

Cari Tahu Pembahasan Buku secara Global

Ada baiknya bila Sahabat Portal Buku melakukan pratinjau terlebih dahulu terhadap buku yang akan dikhatamkan. Mudah saja, Sahabat bisa membaca sinopsis yang terletak di sampul bagian belakang, membaca daftar isi, ataupun memindai dengan cepat paragraf pengantar dan penutup.

Tujuannya, kita dapat mengetahui isi global materi buku tersebut. Hal ini dapat memudahkan kita untuk mengetahui alur pembahasan isi buku. Juga dapat memberikan tambahan semangat untuk membacanya.

Baca Juga: Bikin Takjub! 5 Ulama ini Selalu Menulis dan Membaca

Pasang Penanda (Marker)

Memasang penanda (marker) sangat membantu Sahabat Portal Buku untuk lebih efektif dalam membaca. Selain kita ingat batas akhir bacaan, nantinya kita tidak akan mengulang teks atau halaman yang sudah kita baca sebelumnya.

Di samping itu, Sahabat juga akan terus ingat sudah sejauh mana proses bacaan telah berlangsung.

Tandai dengan Stabilo

Setiap kali membaca, Sahabat Portal Buku jangan lupa sedia stabilo, ya. Hal ini sangat berguna banget untuk menandai kalimat dan frasa yang penting dalam materi buku.

Jadi, membaca buku bukan hanya sekadar lewat dan terlupakan begitu saja.

Tulis Ringkasan

Setelah sukses menamatkan buku, jangan lupa untuk mempertahankan ilmu dan pengetahuan baru yang sudah kita dapatkan dari membaca. Tugas kita berikutnya adalah membuat ringkasan materi dari poin penting yang ada di buku tersebut.

Hal ini sangat bermanfaat bila di masa mendatang kita membutuhkan isi materi tersebut, kita tidak perlu lagi repot-repot membaca dari awal karena kita sudah memiliki ringkasannya yang tercatat dengan rapih.


Nah, itu tadi 5 poin penting dari cara efektif dalam membaca yang harus kamu coba. Bila artikel ini bermanfaat, bagikan juga kepada teman-teman yang lain melalui tombol media sosial yang ada di bawah ini, ya. Selamat membaca, Sahabat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button