Berita
Ngetren

Heboh, Kunci Jawaban Kuis Portal Buku Bocor!

Beberapa saat yang lalu, Portal Buku mengadakan acara yang cukup bergengsi.

Pada salah satu media resminya di kanal Telegram, Portal Buku menyelenggarakan sayembara Kuis Seru yang telah sukses digelar dengan ratusan peserta di seluruh penjuru Indonesia.

Sayembara tersebut terbagi dalam beberapa sesi. Seluruh sesi berupa kuis-kuis ilmiah yang disajikan dengan meriah.

Beberapa peserta meminta kepada pihak manajemen Portal Buku untuk membagikan kunci jawaban dari kuis-kuis tersebut. Nah, ini dia uraiannya!

Kunci Jawaban Kuis Level 1

Kuis Portal Buku Level 1
Kuis Portal Buku Level 1

Jawaban: Kata yang mengandung huruf idzhar adalah ساعة. Kata tersebut artinya adalah, jam. Sedangkan, huruf idzhar yang terdapat pada kata tersebut adalah ‘ain.

Kunci Jawaban Kuis Level 2

Kuis Portal Buku Level 2
Kuis Portal Buku Level 2

Jawaban: Faishal tetap menyelesaikan shalatnya lalu sujud sahwi. Tidak perlu mengulang rakaat yang sebelumnya. Karena, tasyahud awal merupakan wajib shalat. Tidak perlu diganti bila terluput tanpa sengaja.

Kunci Jawaban Kuis Level 3

Kuis Portal Buku Level 3
Kuis Portal Buku Level 3

Jawaban: Online: Dalam jaringan. Scroll: Gulir. Upload: Unggah. Postingan: Kiriman. Infographic: Infografik

Kunci Jawaban Kuis Level 4

Kuis Portal Buku Level 4
Kuis Portal Buku Level 4

Jawaban: QS. Asy-Syura: 49-50

لِلّٰهِ مُلْكُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ يَخْلُقُ مَا يَشَاۤءُ ۗيَهَبُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ اِنَاثًا وَّيَهَبُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ الذُّكُوْرَ ۙ

اَوْ يُزَوِّجُهُمْ ذُكْرَانًا وَّاِنَاثًا ۚوَيَجْعَلُ مَنْ يَّشَاۤءُ عَقِيْمًا ۗاِنَّهٗ عَلِيْمٌ قَدِيْرٌ

“Milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi; Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki, memberikan anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak laki-laki kepada siapa yang Dia kehendaki, atau Dia menganugerahkan jenis laki-laki dan perempuan, dan menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki. Dia Maha Mengetahui, Mahakuasa.”

Kunci Jawaban Kuis Level 5

Kuis Portal Buku Level 5
Kuis Portal Buku Level 5

Jawaban: Shalat tersebut tidak diterima dan tidak sah. Alasannya adalah, dia memulai shalat tersebut tanpa keikhlasan. Sedangkan, salah satu syarat ibadah adalah ikhlas hanya untuk Allah. Syarat belum terpenuhi, dia sudah lebih dahulu memulai ibadahnya.

Kunci Jawaban Kuis Level 6

Kuis Portal Buku Level 6
Kuis Portal Buku Level 6

Ahmad aneh sekali! Dia melakukan shalat isyraq di waktu terlarang. Seharusnya, bila matahari terbit pukul 05:51, maka Ahmad harus menanti sampai dengan kurang lebih 15 menit setelahnya.

Pasalnya, waktu matahari terbit adalah saat dilarang untuk shalat. Barulah setelah matahari meninggi seukuran satu tombak, kita baru diperbolehkan untuk melaksanakan shalat.

Kunci Jawaban Kuis Level 7

Kuis Portal Buku Level 7
Kuis Portal Buku Level 7

Buah zaitun. Banyak yang bisa menjawab karena pakai sabun zaitun. Ya, kan?

Kunci Jawaban Kuis Level 8

Kuis Portal Buku Level 8
Kuis Portal Buku Level 8

Saat itu, Al-Hasan sedang menuliskan nama-nama shahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits. Mereka ada 7 orang. Al-Hasan baru menulis 4 orang saja. Berarti sisanya adalah, Anas bin Malik, Ibnu ‘Abbas, dan Abu Hurairah.


Nah, setelah kuis-kuis dasar usai, mulai ada beberapa peserta sayembara kuis Portal Buku yang tidak bisa masuk kuis final.

Oleh karenanya, supaya keseruan dan ketegangan pada sayembara ini tetap membara, tim manajemen Portal Buku pun berinisiatif untuk membuat kuis penyelamat guna membari kesempatan pada yang lain untuk bisa melaju ke babak final.

Yang berbeda pada kuis kali ini adalah peraturan penilaian poin. Bagi peserta yang tidak menjawab ataupun salah dalam menjawab, maka mendapatkan nilai minus. Bila benar, maka nilai plus.

Nah, berikut adalah kunci jawaban dari kuis penyelamat. Selamat menyimak!

Kunci Jawaban Kuis Penyelamat 1

Kunci Jawaban Kuis Penyelamat 1
Kunci Jawaban Kuis Penyelamat 1

Ada, lebah. Dalilnya pada QS. An-Nahl: 68

وَاَوْحٰى رَبُّكَ اِلَى النَّحْلِ اَنِ اتَّخِذِيْ مِنَ الْجِبَالِ بُيُوْتًا وَّمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُوْنَۙ 

“Dan Rabbmu mewahyukan (mengilhamkan) kepada lebah, “Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia.”

Kunci Jawaban Kuis Penyelamat 2

Kunci Jawaban Kuis Penyelamat 2
Kunci Jawaban Kuis Penyelamat 2

Daging kurban.


Kuis Recehan Portal Buku

Setelah sukses menyelenggarakan Kuis Penyelamat, rupanya tim manajemen Portal Buku masih sayang meluputkan kesempatan kepada para peserta untuk tidak masuk final.

Karenanya, tim Portal Buku turut menyertakan Kuis Recehan dengan soal-soal yang singkat.

Kuis Recehan

Kunci Jawaban Kuis Recehan Portal Buku

  1. Sufyan bin ‘Uyainah mulai membaca Al Quran pada umur 4 tahun dan mulai menulis hadist pada umur 7 tahun. (Warotsatul Anbiya’ hal. 29)
  2. Kata ‘Al-Mailu’ memiliki makna ‘Al-Ilhad’/’Al-‘Uduulu’ yakni menyeleweng/menyimpang. Maksudnya, menyeleweng dalam bab Aqidah Asma’ wa Shifat. (Syarah Aqidah Al-Washitiyyah Kholil Harras, hal. 26)
  3. Al-Mandhumah Al-Baiquniyyah memiliki 34 bait.
  4. Bila panci rebusnya muat lima telur, ya, 9 menit juga, lah. Hehe.

Kuis Final

Alhamdulillah, tibalah kita pada partai final.

Setelah persaingan cukup ketat di antara ratusan peserta kuis Portal Buku yang tersebar di seluruh Indonesia, kali ini peserta yang berhasil lolos hanya 8 orang saja. Luar biasa!

Berikut adalah uraian kunci jawaban kuis final Portal Buku dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Tahniah kepada para pemenang!

Kunci Jawaban Kuis Final 1

Kunci Jawaban Kuis Final
Kuis Final 1

Jawaban: Hadits ‘Aziz. Yaitu, bila ada hadits yang diriwayatkan oleh 2 orang perawi dari 2 orang perawi pula dalam sebuah sanad (rantai periwayatan).

Kunci Jawaban Kuis Final 2

Kuis Final Portal Buku
Kuis Final 2

Jawaban: Kuis ini rupanya yang sangat memancing rasa penasaran. Pasalnya, dari seluruh peserta Kuis Seru Portal Buku tidak ada yang menjawab dengan tepat. Nah, kuis ini ada ceritanya.

Singkatnya, sebuah kuis mengudara di salah satu saluran radio dengan pertanyaan yang sama.
Para pendengar mengirimkan jawaban versi masing-masing dengan alasannya tersendiri yang cukup rumit.

Namun, seorang bocah berusia 7 tahun justru dapat menjawab dengan benar. Sederhana saja ia berpikir, tidak berumit-rumit. Katanya, “Tentu yang harus melompat adalah orang yang paling gendut dari keempat ilmuwan tersebut”. Hehe. Mudah saja, kan?

Kunci Jawaban Kuis Final 2

Kuis Final Portal Buku
Kuis Final 3

Jawaban: Ada tiga pembagian,

  • Bila bertemu huruf jar من. Maka, harakat sukun darinya diberi fathah. Contoh pada ayat مِنَ الشّٰهِدَيْنِ (QS. Ali Imran: 81)
  • Ketika bertemu huruf mim jamak dan wawu layyinah. Maka, harakat sukun darinya diberi dhommah. Contoh pada ayat, عليكُمُ القِتال (QS. Al-Baqarah :216)
  • Apabila bertemu dengan selain dua keadaan yang sebelumnya. Maka, harakat sukun darinya diberi kasrah. Ini yang paling banyak. Contoh pada ayat, قُلِ ادْعُوا (QS . Al- A’raf : 195), dan pada ayat, يٰصَٰحِبَيِ السِّجْنِ (QS .Yusuf :39).

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Doktor Rihab Muhammad Syaqiq, dalam kitab Hilyatut Tilawah, hal. 332.

Kunci Jawaban Kuis Final 4

Kuis Final Portal Buku 4
Kuis Final 4
  1. حَدِيْث
  2.  المُحَدِّثِيْنَ
  3. حَادِثًا
  4. حَدَثَ
  5. يَتَحَدَّثُ
  6. حَدِيثَةٌ

Kunci Jawaban Kuis Final 4

Kuis Final 5

Pada kuis terakhir, Portal Buku memberikan tugas yang berkaitan dengan tulis-menulis dengan seputar motivasi untuk gemar berkarya dan membaca. Alhamdulillah, Sahabat Portal Buku bisa membaca salah satu karya terbaik mereka.

Baca Salah Satu Karya Terbaik Peserta: Bikin Takjub! Ulama ini Selalu Menulis dan Membaca


Nah, demikianlah uraian kunci jawaban Kuis Seru dari Portal Buku.

Besar harapan kami, hal tersebut dapat menjadi materi edukasi yang bermanfaat bagi semua.

Sahabat bisa membagikan dan menyebarkan artikel ini dengan tetap mencantumkan sumber tautan Portal Buku.

Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar untuk menyampaikan saran, kesan, dan masukan terkait dengan kegiatan kuis ini ya, Sahabat! Terima kasih!

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button