Kutipan Buku

Harus Tahu, Ini 4 Syarat Bagi Wanita yang Ingin Bekerja!

Sudah sangat maklum bahwa agama Islam sangat memperhatikan kemuliaan bagi seorang wanita. Pun dalam bekerja, Islam memberikan kelonggaran bagi para wanita.

Namun, agama Islam tidak membebaskannya secara liar. Di sana pun terdapat rambu-rambu yang harus diperhatikan demi menjaga harga diri dan martabar seorang wanita itu sendiri.

Nah, setidaknya ada 4 syarat penting yang harus diketahui oleh wanita yang akan bekerja. Berikut ulasannya:

Tidak Berbaur dengan Lawan Jenis di Tempat Kerja

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Wanita merupakan fitnah besar bagi kaum pria. Oleh karenanya, perbauran di antara lawan jenis akan sangat berbahaya. Islam melarang keras akan hal itu.

Harus Ada Persetujuan dari Suami, Ayah, atau Penanggung Jawab Si Wanita

Nah, hal ini juga harus diperhatikan, Sahabat Portal Buku. Jangan sampai si wanita membuat keputusan mandiri tanpa ada persetujuan dari walinya. Harus diakui, akal wanita cukup lemah. Sehingga, ia membutuhkan wali pria untuk meninjau keinginannya bekerja.

Memilih Pekerjaan yang Sesuai dengan Tabiat dan Karakter Wanita

Wanita melamar pekerjaan menjadi sopir bus? Ah, ini adalah contoh pekerjaan yang tidak sesuai dengan karakter wanita. Dalam buku “Bagaimana Islam Memuliakan Wanita?” disebutkan bahwa hal tersebut juga bertujuan agar wanita tidak payah dan sangat lelah dengan pekerjaannya.

Memilih Pekerjaan yang Bermanfaat Bagi Masyarakat Secara Luas

Masih dalam buku “Bagaimana Islam Memuliakan Wanita?” dari penerbit Al-Abror, penulis memberikan beberapa contoh pekerjaan yang bermanfaat bagi masyarakat luas sebagai berikut:

Bidang pendidikan dan pengajaran

Hal ini bertujuan agar siswa lelaki diajar oleh guru lelaki, siswa wanita dengan guru wanita.

Bidang kedokteran dan perawatan

Tujuannya pun kurang lebih sama dengan di atas

Jahit-menjahit

Hal ini masih dengan tujuan yang sama seperti 2 bidang pekerjaan di atas

Nah, sebelum menutup pembahasan Syarat Bagi Wanita yang Ingin Bekerja, penulis menambahkan 2 pesan penting berikut:

Pekerjaan yang dilakukan tidak menghabiskan seluruh waktunya

Hal ini bertujuan agar si wanita memiliki sisa waktu yang cukup untuk mengurus keluarganya di rumah seperti melayani suami dan menjaga pendidikan anak-anak.

Mengenakan Hijab Saat Keluar Rumah dan Tidak Berhias

Nah, ini penting sekali agar wanita terhindar dari godaan di luar. Meskipun, ini bukan khusus bagi wanita yang ingin bekerja saja. Namun, aturan ini berlaku bagi semua wanita yang berkepentingan untuk keluar rumah.


Nah, itu tadi 4 Syarat Bagi Wanita yang Ingin Bekerja ditambah 2 pesan yang sangat penting. Harus diingat-ingat, ya, Sahabat! Pembahasan di atas disadur dari buku “Bagaimana Islam Memuliakan Wanita?” dengan judul asli “Takrimu al-Mar’ati fi al-Islam” karya Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu.  Diterjemahkan oleh Fathul Mujib. Penerbit Al-Abror.

Satu komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button