Dunia LiterasiMotivasi

5 Ayat ini Bisa Membuatmu Kuat saat Patah Semangat

Sahabat, dunia bukanlah kehidupan yang panjang. Meskipun, akan selalu ada saja cobaan dan aral yang melintang, bersabarlah. Kehidupan dunia hanya beberapa saat saja. Kemudian akan segera lenyap.

Buatlah dirimu agar selalu optimis. Yakinlah, apapun yang Allah kehendaki pasti akan terjadi dengan segala rahasia hikmah-Nya.

Berikut adalah beberapa ayat yang akan memberimu motivasi disertai tambahan penjelasan ringkas:

QS. At-Taubah: 40

 لَا تَحۡزَنۡ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَنَاۖ

“Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.”

Hal ini Rasulullah ucapkan kepada Abu Bakr saat beliau sedang dilanda kesedihan. Beliau mengingatkan bahwa Allah bersama kita, Dia pasti akan menolong dan menguatkan. Setelah kejadian itu, Allah pun lantas menurunkan ketenangan dan ketentraman hati. Kalbu pun menjadi tegar saat itu pula.

QS. Al-Baqarah: 286

لَا یُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفۡسًا إِلَّا وُسۡعَهَاۚ

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”

Ibnu Katsir menerangkan bahwa Allah tidak akan pernah memberikan kepada hamba-Nya dengan beban yang di luar kesanggupan hamba. Ini merupakan gambaran akan kelembutan Allah kepada hamba. Sama sekali Dia tidak akan menzalimi hamba sedikitpun.

QS. Al-Baqarah: 155-156

 وَبَشِّرِ ٱلصَّـٰبِرِینَ – ٱلَّذِینَ إِذَاۤ أَصَـٰبَتۡهُم مُّصِیبَةࣱ قَالُوۤا۟ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّاۤ إِلَیۡهِ رَ ٰ⁠جِعُونَ

“… Dan berilah kabar gembira bagi orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata, “Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali.”

Kabar gembira memang selalu buat orang-orang yang sabar. Mereka menghibur diri dengan ucapan yang penuh kepatuhan kepada Allah. Mereka yakin Allah menetapkan semua takdir dengan segala hikmah-Nya. Semua hamba juga pasti akan kembali kepada-Nya.

QS. Al-Baqarah: 216


وَعَسَىٰۤ أَن تَكۡرَهُوا۟ شَیۡـࣰٔا وَهُوَ خَیۡرࣱ لَّكُمۡۖ وَعَسَىٰۤ أَن تُحِبُّوا۟ شَیۡـࣰٔا وَهُوَ شَرࣱّ لَّكُمۡۚ وَٱللَّهُ یَعۡلَمُ وَأَنتُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ


“Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

Kadang, kita merasa lara yang pedih, harapan yang tidak tercapai, duka yang mendalam, ataupun kehilangan sesuatu. Boleh jadi kita tidak suka, padahal sebenarnya itu baik buat kita. Sungguh, Allah Maha Mengetahui akan hikmah dari segalanya.

QS. Al-Insyirah: 6

إِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ یُسۡرࣰا

“Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan.”

Berita gembira yang besar. Setiap kali kita ditimpa kesulitan. Sudah pasti akan ada kemudahan yang menyerta. Tunggu dan bersabarlah.

Sahabat, ayolah berbahagia, senang, dan riang gembira. Lapangkan dadamu! Sungguh, dunia ini sangatlah luas. Sementara, jalan keluar akan selalu terbuka untukmu. Ya, inilah kebaikan.


Referensi:

Mushaf al-Quran

Tafsir Ibnu Katsir

Tafsir as-Sa’dy

Telegram SyababSalafy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button